Korban Dukun Pengganda Uang Bertambah Lagi, Ini Fakta Yang Diungkap Polres Magelang

*Korban Dukun Pengganda Uang Bertambah Lagi, Ini Fakta Yang Diungkap Polres Magelang*

MAGELANG.SINAR PANTURA- Polisi kembali ungkap fakta baru terkait pembunuhan yang dilakukan dukun pengganda uang asal Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Dari hasil pengembangan tersangka IS (57) mengaku juga telah melakukan perbuatan serupa yakni memberi obat potas yang dicampur air putih kepada korban Suroto (63) warga Desa Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Sleman pada awal Desember 2020 lalu.

Dengan demikian korban meninggal akibat ulah tersangka menjadi 3 orang. Hal tersebut disampaikan Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun melalui Kasatreskrim Akp M. Alfan Armin, SIK di Mapolres Magelang, Sabtu (20/11/2021).

“Dari pengembangan yang dilakukan dan berdasarkan keterangan dari beberapa saksi dan tersangka, diketahui tersangka juga melakukan hal yang sama kepada korban Suroto warga Sleman pada 4 Desember 2020 lalu, sehingga korban menjadi 3 orang,” ungkapnya.

Adapaun untuk korban dari Sleman motifnya diduga soal hutang piutang, berbeda dengan dua orang korban dari Magelang yakni penggandaan uang.

“Kejadian berawal dari korban yang meminta bantuan tersangka karena kebun pisangnya sering kecurian, lalu korban diantar cucunya pergi ke tempat tersangka dan korban menceritakan bahwa pohon pisangnya sering kecurian sehingga minta didoakan,” kata Kasat Reskrim.

Kemudian, saat itu tersangka bercerita kepada korban kalau dirinya mempunyai hutang di Bank sebesar Rp 25 juta, namun tersangka baru punya uang Rp 15 juta dan  kurang 10 juta.

“Tersangka menyampaikan kalau mau meminjam uang 10 juta kepada korban dan apabila korban bersedia maka nanti ketika hutang tersangka sudah lunas, tersangka akan meminjamkan berapapun kepada korban,” terangnya.

Selanjutnya pada tanggal 2 Desember 2020 korban mengantar uang Rp 10 juta ke tersangka seorang diri karena tersangka menyuruh korban untuk datang sendiri tidak boleh ditemani.

“Kemudian pada tanggal 3 Desember 2020, korban ke rumah tersangka untuk mengambil barang atau syarat-syarat ke rumah tersangka agar kebun pisangnya tidak kecurian lagi.

“Pada tanggal 4 Desember 2020 sekira jam 20.00 WIB, korban ditemani cucunya pergi ke kebun pisang untuk memasang syarat-syarat yang diberikan oleh tersangka, namun karena perintah tersangka untuk dilakukan sendiri tidak boleh dilihat orang lain, cucu korban menunggu di pinggir jalan. Sekira Pkl 23.00 WIB, karena korban tidak kunjung keluar, cucu korban masuk ke kebun mencari korban dan menemukan korban sudah tergeletak tidak bernyawa dan saat itu menurut informasi keluarga, di dekat jenazah korban ditemukan plastik bening berisi cairan,” ungkapnya.

Namun, karena saat itu tidak ada kecurigaan dan mengira korban meninggal karena angin duduk.

“Keluarga tidak melaporkan kejadian ke pihak Kepolisian dan setelah membawa korban ke rumah sakit terdekat, korban langsung dimakamkan,” jelas Akp Alfan.

Diberitakan sebelumnya Polres Magelang berhasil mengungkap kasus tindak pidana pembunuhan dengan rencana yang dilakukan oleh seorang yang dikenal sebagi dukun yang bisa menggadakan uang. Tersangka adalah IS, (57) warga Dusun Karangtengah Desa  Sutopati Kecamatan Kajoran Magelang.

Korban  adalah Lasma, (31) dan Wasdiyanto, (38),  kedua korban tersebut merupakan saudara ipar warga Dususn Marongan Desa Sukomakmur Kecamatan Kajoran Magelang yang keseharianya sebagai pedagang sayur.(sus)

About suswanto dirut

PEMBINA & PENASEHAT : - AKBP (Purn) H.KAMZAH PIMPINAN UMUM : WIDARMONO AMIWIBISONO Pemimpin Redaksi: - SUSWANTO, S.E Staff Redaksi : NASOKHA, S.Pd Manager Keuangan/Bendahara : SRI HARYATI Manager Iklan/Marketing : Design Grafis/ Layout : .... Lembaga Partner : TNI = Tentara Nasional Indonesia KPK : Komisi Pemberantasan Korupsi - Kejaksaan Republik Indonesia - Saber Pungli - Polri - BNN - Lapan Tipikor Reporter Nasional : - PERWAKILAN JAKARTA-BEKASI : - Moh. Yudi Thomas - Mangadar Saihaan - Pangasian Sihombing KABIRO PEMALANG : - Tion, Karsono, Tabi'in, Kistoro, soekma hariyanto. Kabiro DEMAK : - Parno - Musyafa'at KABIRO TEGAL : Muchlasin KABIRO PEKALONGAN : - Wimphy Haksono, Joko, KABIRO TUBAN : M. Khoiruddin Naja, S.Pd.I Koord. Liputan Prov. JATENG : - Feri AG Kabiro Bojonegoro : - Mohamad Yusuf Media Kabiro Semarang & Boyolali : Winoto Jamin Kabiro Soloraya : Agus Sutanto (Ronggo) Hallopanturanews.co.id Diterbitkan oleh : - PT. SINAR PANTURA INFOTAMA SIUP/NIB : 9120202822163 NPWP : 92.064.174.3-502.000 No. Rek. Mandiri :139 - 00- 2001833-3 Nomor Telepon : 08222 72 00876 Akta Notaris : NOVANA SETYAWATI, S.H, M.Kn Tanggal : 24-06-2019 NO.18 KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA NOMOR AHU - 0033185.AH.01.01 TAHUN 2019. Alamat Redaksi : - Jln. Raya Muncang No.46 Desa : Muncang RT 025 RW 002 Kecamatan : Bodeh Kabupaten : Pemalang Kode Pos 52365 Surat Keterangan Domisili Nomor 306/DS/VI/2019 Email : hallopantura86@gmail.com - Revisintarossa@gmail.com - Susbhayangkara@gmail.com Telp. : 0818 0468 4539 HP : 0823 1340 0071 PT. SINAR PANTURA INFOTAMA Wartawan Media Hallopanturanews.co.id - Dalam menjalankan tugas jurnalis dilengkapi - KTA, - Kartu Liputan - Surat Tugas dan tercantum di Box Redaksi serta Dilindungi UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS"

Check Also

REGIAT VAKSINASI SELALU MENDAPAT TEMPAT DI HATI WARGA YANG INGIN MENDAPAT VAKSINASI

REGIAT VAKSINASI SELALU MENDAPAT TEMPAT DI HATI WARGA YANG INGIN MENDAPAT VAKSINASI Pemalang, hallopanturanews Kegiatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?