Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda APBD Tahun Anggaran 2022

Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda APBD Tahun Anggaran 2022

Demak, Hallopanturanews- Memperhatikan Pemandangan Umum Fraksi-fraksi yang telah disampaikan, Bupati Demak Hj dr Eistianah kemarin membacakan pandangan umum fraksi terhadap raperda APBD tahun anggaran 2022 dalam rapat paripurna di DPRD Kabupaten Demak.

“Saran dan masukan yang sangat berharga guna penyempurnaan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2022. Sedangkan terhadap hal-hal yang disampaikan oleh Dewan, akan saya jelaskan secara garis besar sebagai berikut,” jelasnya.

Untuk pertanyaan dari Fraksi PDIP tentang permintaan data tambahan tentang kegiatan dan sub kegiatan pada masing-masing prioritas pembangunan dan juga Perangkat Daerah yang bertanggung disertai alokasi anggaran pada anggaran 2022, dijelaskan bahwa data dimaksud tercantum pada Rancangan Peraturan Bupati tentang Penjabaran APBD Tahun Anggaran 2022.

Selanjutnya terkait program yang orientasinya untuk mengatasi kemiskinan di Kabupaten Demak, bupati menjelaskan bahwa ada tiga program penanganan kemiskinan yaitu Program bantuan sosial, Program pemberdayaan masyarakat, dan Program pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil.

“Kami juga membentuk Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah, melaksanakan rapat koordinasi, dan memastikan alokasi anggaran untuk penanganan kemiskinan di Perangkat Daerah,” ujar bupati.

Mengenai adanya selisih dana transfer yang tercantum dalam RAPBD 2022 dengan informasi resmi kementrian keuangan sebesar Rp. 205.741.031.000 yang mana juga dipertanyakan fraksi Gerindra, bupati menerangkan, bahwa perbedaan tersebut terdapat pada alokasi dana Transfer ke Daerah Dan Dana Desa (TKDD), DAK Fisik dan DAK Non Fisik.

“Dengan berkurangnya dana transfer tersebut, maka akan dilakukan penyesuaian anggaran,” jelasnya

lebih lanjut.
Terkait menurunnya alokasi DID menjadi Rp 50,2 M, menurut bupati hal ini sebagai dampak menurunnya alokasi DID yang dibagikan pemerintah pusat, bahkan saat ini Pemkab Demak menerima DID tertinggi di Jawa Tengah. Dalam hal usaha peningkatan penerimaan DID, Pemerintah Kabupaten Demak akan berusaha meningkatkan Pendapatan DID, dengan penetapan APBD tepat waktu, Opini WTP dari BPK, dan penerapan e Government, serta meningkatkan kinerja yang menjadi indicator penerimaan DID.

Sementara itu menjawab Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa terkait saran agar belanja hibah untuk Masjid, Mushola, gedung lembaga pendidikan swasta baik formal maupun non formal, TPQ, Madin dan Ponpes ditingkatkan. Namun dengan syarat Administrasi dan verifikasi betul-betul diterapkan, bupati sependapat karena belanja Hibah Tahun Anggaran 2022 sudah mengalami kenaikan.
Menjawab saran agar Pemkab Demak memperhatikan kesejahteraan Guru TPQ, Madin dan Ponpes berupa insentif, bupati juga sependapat.

“Perlu kami informasikan bahwa yang semula diberikan untuk operasional lembaga dialihkan kepada bansos guru sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk beasiswa bagi Penghafal Al Qur’an, kami sependapat dan telah dianggarkan sesuai kemampuan keuangan daerah. Sedangkan untuk fasilitasi forum ulama umaro’ kami sampaikan bahwa hal tersebut sudah berjalan, tetapi karena ada pandemi covid-19, maka pelaksanaannya dibuat per eks kawedanan,” terang bupati.

Sementara atas saran agar Pemkab Demak memberikan dukungan atau bantuan kepada pelaku UMKM dalam bentuk stimulus melalui kebijakan restrukturisasi pinjaman lunak dan tambahan bantuan modal, bupati mengatakan bahwa mereka sudah memfasilitasi kemitraan usaha dalam permodalan dengan bank penyalur KUR (BRI, Bank Jateng, Bank Mandiri, BNI) melalui program Kredit Usaha Rakyat dengan bunga 6% per tahun. (Parno)

About suswanto dirut

PEMBINA & PENASEHAT : - AKBP (Purn) H.KAMZAH PIMPINAN UMUM : WIDARMONO AMIWIBISONO Pemimpin Redaksi: - SUSWANTO, S.E Staff Redaksi : NASOKHA, S.Pd Manager Keuangan/Bendahara : SRI HARYATI Manager Iklan/Marketing : Design Grafis/ Layout : .... Lembaga Partner : TNI = Tentara Nasional Indonesia KPK : Komisi Pemberantasan Korupsi - Kejaksaan Republik Indonesia - Saber Pungli - Polri - BNN - Lapan Tipikor Reporter Nasional : - PERWAKILAN JAKARTA-BEKASI : - Moh. Yudi Thomas - Mangadar Saihaan - Pangasian Sihombing KABIRO PEMALANG : - Tion, Karsono, Tabi'in, Kistoro, soekma hariyanto. Kabiro DEMAK : - Parno - Musyafa'at KABIRO TEGAL : Muchlasin KABIRO PEKALONGAN : - Wimphy Haksono, Joko, KABIRO TUBAN : M. Khoiruddin Naja, S.Pd.I Koord. Liputan Prov. JATENG : - Feri AG Kabiro Bojonegoro : - Mohamad Yusuf Media Kabiro Semarang & Boyolali : Winoto Jamin Kabiro Soloraya : Agus Sutanto (Ronggo) Hallopanturanews.co.id Diterbitkan oleh : - PT. SINAR PANTURA INFOTAMA SIUP/NIB : 9120202822163 NPWP : 92.064.174.3-502.000 No. Rek. Mandiri :139 - 00- 2001833-3 Nomor Telepon : 08222 72 00876 Akta Notaris : NOVANA SETYAWATI, S.H, M.Kn Tanggal : 24-06-2019 NO.18 KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA NOMOR AHU - 0033185.AH.01.01 TAHUN 2019. Alamat Redaksi : - Jln. Raya Muncang No.46 Desa : Muncang RT 025 RW 002 Kecamatan : Bodeh Kabupaten : Pemalang Kode Pos 52365 Surat Keterangan Domisili Nomor 306/DS/VI/2019 Email : hallopantura86@gmail.com - Revisintarossa@gmail.com - Susbhayangkara@gmail.com Telp. : 0818 0468 4539 HP : 0823 1340 0071 PT. SINAR PANTURA INFOTAMA Wartawan Media Hallopanturanews.co.id - Dalam menjalankan tugas jurnalis dilengkapi - KTA, - Kartu Liputan - Surat Tugas dan tercantum di Box Redaksi serta Dilindungi UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS"

Check Also

Tak Tahu Hukum Di Indonesia, Seorang Pria WNA Di Magelang Beli Puluhan Pil Psikotropika Secara Online

*Tak Tahu Hukum Di Indonesia, Seorang Pria WNA Di Magelang Beli Puluhan Pil Psikotropika Secara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
Hi, how can I help?